Kamis, 24 Mei 2012

Fourth days in My Holiday, penampakan hantu

apa ini?? he..
Sabtu, 19 Mei 2012


Hari ke empat aku liburan, mendekati aku kembali ke banjarmasin..
pagi-pagi kami bersiap ke rumah ibunya papah dengan niat ingin mengajak beliau ke makam bersama-sama, namun dikarenakan kondisi beliau yang tidak bisa pergi jauh maka, tidak ikut..
o ya, kami naik becak loh.. aku sama mamah , dan ayayah sama ayayan, tidak ada dokumentasi untuk ini soalnya naik becak susah moto sendiri. hehe, 
menuju makam kami mau naik angkot,,
jadwal saat itu paginya aku nyekar ke makam bapaknya papah bersama kakaknya papah. semua berlangsung begitu khidmat, layaknya para pelayat lainnya. pulangnya naik angkot lagi, terus ke pasar johar mau makan bakso, gak sempat moto lagi nih, soalnya rame, malu juga kalau moto... hehe.
habis makan bakso kami balik lagi ke rumah ibunya papah, semua pada ngumpul, adik dan kakaknya papah. aku dan kedua kakakku sudah sangat bosan disitu, maka kami memutuskan untuk jalan-jalan ke Sri Ratu, mall dekat rumah mak'e (sebutan ibunya papah), nah kami jalan kaki aja, soalnya dekat juga..
di mall kami jalan-jalan iseng.. dan udah berapa tahun kesana ternyata banyak yg merubah terutama di lantai dasar, jajanan pasar banyak dijual, mulai dari putu, pecel dll. tapi tentu beda sama yg dijual bukan di mall, no AC, dan harga nya tentu lebih murah. sayang sekali no dokumentasi juga karena hp rusak dan gak bawa camera digital. hehe


kakak aku beli tas koper gitu deh tapi yang agak kecilan. disana juga banyak diskon loh.. aku juga beli kaos jumper gitu, dilihat harganya sih segitu, pasrah aja udah.. eh dikasir ternyata diskon, nyesel juga gak beli yang lainnya, aku kira gak diskon. he. aku dan kedua kakakku udah selesai jajan barang, dan saat pulang kami mau singgah ke toko Oen Semarang. nah ini sebenarnya ada photonya sama kakak aku, tapi belu di transfer ke PC maka aku ambil aja ya di internet photonya.


di toko ini pernah diliput sama pak bondan trans tv, tapi beliau tertarik dengan biskuitnya, ntah apa itu aku lupa. tapi kami disana gak makan itu, tapi kami makan es krim. es krimnya harga 25ribuan. kami mesan 4, ya meskipun orangnya bertiga. he. ada tutifruti, ice tart, ada 2 lg aku lupa namanya, suasana disana emang nuansa klasik, kuno gitu..termasuk sebagian pelayannya. hehe "serius!"
sembari nunggu datang es krimnya, aku buka menu.. eh ada menu bistik babi loh. menu halal haram semua ada disitu, yang datang para chinesse kebanyakan, yang muslim juga ada terlihat sih, tapi sedikit. dan es krim kami datang dengan sangat lama. akhirnya kami makan juga...


baru habis setengah mamah kami nyuruh kami cepat pulang, karena kami mau balik ke rumah, soalnya mamah ada janjian reunian gitu deh sama teman SD. dan kami langsung go.. pulang naik taksi. terus aku istirahat dan menyiapkan mental untuk ntar malam.. ada apa dengan malam itu?


c e k i d o t ...


usai emak gue reunian yg menghabiskan waktu sangat lama. habis shalat isya, bersiap pawai.. 4 motor honda udah nongkrong di halaman. aku dan bude y. mamah dan bude n. ayayah dan mas f. ayayan dan mbak n. jadinya 4 empat motor. si pakde gak bisa ngantar jadinya kami pake motor ber4 gitu kayak pawai.
sampaii di TKP...


Lawang sewu.. hohoho.


(ini gedung utama)
aku pengen banget tau keadaan didalam sana.. dan saat masuk pagar, udah disajikan panorama mistis gitu. he. nah ada banyak gedung, sayang sekali, gedung utama alias gedung A ditutup dg alasan perbaikan instalasi listrik. maka kami ke gedung B yang di belakang gedung A. menurut ku sih lebih menarik gedung A tapi mau gimana lagi, gak bisa masuk..


untuk 1 orang dewasa dikenakan biaya sebesar 10ribu dan sewa tour guide sebesar 30rb. kalau mau masuk sendiri supaya gak pake tour guide? hm.. kebetulan gak ada opsi untuk itu. he. kami yang ber 8 ditambah tour guide itu, dikenakan biaya masuk 130rb. cukup nguras kantong.. padahal kan gak masuk gedung A. harusnya dimurahin dikit, tapi ya udah dah..


masuk ke gedung B, awalnya disajikan photo-photo perbaikan gedung lawang sewu, ya tanpa mengubah nilai mistis dan konstruksi bangunan itu sendiri. terus semakin masuk ke dalam, semakin gelap keadaannya. mas guide yang ngaku bernama ari itu menjelaskan asal mula berdirinya bangunan itu. dan ia bercerita akan dijadikan tempat wisata ya sebangsa museum bukan kantor nya PT. Kereta Api Indonesia lagi. tapi secara umum, bangunan itu masih dikelola sama PT. KAI.


terus dijelaskan juga dibawah yang kami sedang berdiri itu ada ruang penjara bawah tanah. berair. dulunya orang belanda pake buat menghukum.. sekarang sih di bilang nya drainase aja. kami dibawa keliling sampai ke atas mentok, ngeliatin struktur kuda-kuda.


didalam gedung B ada, aula luas, terus ada rumah sakit, terus ada westafle yang masih asli berlogo belanda gitu, terus semuanya lorong, terus semuanya keadaan gelap. awalnya aku takut kalau jepret2, tapi pas tanya mas nya boleh, wah langsung ku foto semuanya..

aku gak lihat sosok macam-macam pada saat itu, hanya ayayah yang melihat sliwer pocong gitu. terus ayayan melihat sosok cantik gitu di atas waktu aku jepret kuda-kuda, sayangnya saat itu gak tertangkap kamera.



ini langsung aku tunjukin beberapa photonya..
monggoo.. o ya, banyak orb alias lingkaran gitu apa makhluk astral? bukan pantulan cahaya?
ada juga nih aku photo yg didalam gedung, kan gelap dan gak ada cahaya sama sekali, dan aku dapatin orbs, benar gak makhluk astral??
ntahlah,,,,

ini masih gedung utama yang gak bisa aku masukin dg alasan yang udah aku tulis di kisah atas..

 
ini pintu yang ada di gedung B, tapi udah yang dilantai dua nih.. maksudnya lawang sewu itu, tuh lihat jumlah daun pintu yang ada,, termasuk didalam ruangan itu ada pintu lagi. jadi ya jumlahnya banyak,


 
 
ini halaman depan.. agak susah ambil bangunan yang full kecuali lewat depan pagarnya.
 
yang ini dalam ruangan, kalau gak salah waktu mas nya bilang dulu tempat itu jadi rumah sakitnya orang belanda. berupa lorong gitu yah..







 
teras di lantai dua..






 
naik tangga untuk menuju puncak atas.. melihat kuda-kuda atapnya lawang sewu..





 
ini struktur kuda-kuda yg aku bilang tadi, sayang banget aku gak ambil secara full. kalau full bisa dilihat kuda-kudanya berbentuk setengah lingkaran. pada saat itu ayayan lagi kaget sih ngelihat sosok, makanya aku cuma ambil satu kali ini aja..






 
ini kereta api yang ada di halaman lawang sewu.


 
coba lihat photo keluarga ku ini.. menyedihkan. hasil pertama gagal ntah apa yang terjadi. dan setelah photo lagi, akhirnya alhamdulillah baik.. 



 
halaman dikala malam..

 
ada satu bangunan lagi yang isinya ini, perkembangan rehab gedung lawang sewu.

 
ini mas ari beserta keluargaku, mas ari menjelaskan alat cetak tiket kereta api waktu pada zamannya. katanya sih hasil tiket itu ukurannya kecil sekali..


dan sajian spesialku untuk entri ini adalah photo penampakan yang aku ambil ketika aku keluar dari gedung, berikut yang aku bundarin.. sepenglihatan aku.. lingkaran kiri ada kunti, dan lingkaran kanan ada sosok yang memakai baju rapi dengan kerah dan kancing ber-list coklat, sebangsa batik.. sengaja aku kompres juga ini supaya muat dan gak lambat upload. he







seberang lawang sewu, tugu muda, semarang..





dan.. terimakasih lawang sewu, kamulah saksi bisu perjalanan ini.. tetap menjadi tempat wisata yang menarik, penuh misteri dan kebanggaan masyarakat semarang, hehe.
aku pasti masuk kesana lagi dengan segala perubahannya..






Tidak ada komentar:

Dipilih... Dipilih... Bagaimana blog ku?